Ayo Kita Sukseskan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang, Rabu Wage 09 Desember 2020.

KPU KOTA SEMARANG GELAR RAKOR DPB PERIODE MARET 2021

  06 April 2021      11:42 WIB      tobirin

KPU KOTA SEMARANG GELAR RAKOR DPB PERIODE MARET 2021

 

Semarang, kota-semarang.kpu.go.id, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Maret tahun 2021. Kegiatan tersebut digelar di Ruang Rapat KPU Kota Semarang, Gedung Pandanaran Lantai 5, Jalan Pemuda Nomor 175, Semarang (5/4/2021).

Rakor DPB periode kedua di Tahun 2021 kali ini dihadiri oleh Bawaslu Kota Semarang, Kodim 0733 BS/Semarang, Polrestabes Semarang, Kemenag Kota Semarang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kota Semarang, Lapas Kelas I Semarang, dan Dispendukcapil Kota Semarang.

Dalam paparannya, Anggota KPU Kota Semarang Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Ahmad Zaini menjelaskan bahwa proses DPB merupakan mekanisme untuk mencatat pemilih Kota Semarang yang telah berusia 17 tahun, pemilih yang pindah masuk ke Kota Semarang, pemilih yang pindah keluar ke Kota/Kabupaten lain dari Kota Semarang, pemilih Kota Semarang yang telah meninggal setelah pelaksanaan Pilwakot Semarang Tahun 2020 (9 Desember 2020), maupun pemilih yang mengalami perubahan elemen data, seperti Nomor KK, status pernikahan, dsb.

Pada prosesnya Zaini juga menjelaskan bahwa DPB KPU Kota Semarang secara khusus membutuhkan support yang baik terutama dari Dispendukcapil Kota Semarang, mengingat lembaga pemerintahan tersebut merupakan instasi yang fokus pada data kependudukan.

"Tumpuan kami (KPU Kota Semarang) adalah Dispenduk, karena memang yang menangani data kependudukan Kota Semarang, kami sudah lama bekerja sama dengan Dispenduk, yang memang penyajian datanya baik," terang dia.

Zaini mengatakan, KPU Kota Semarang memahami data kependudukan yang ditangani oleh Dispendukcapil tidak sedikit, sehingga ia berharap Dispendukcapil Kota Semarang dapat memberikan data secara berkala. Secara khusus KPU Kota Semarang memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dispendukcapil Kota Semarang, karena keberhasilan Pilwakot Semarang Tahun 2020 tidak lepas dari data dan support yang diberikan oleh Dispendukcapil Kota Semarang.

"Jika data bapak (Dispendukcapil Kota Semarang) banyak, jangan sekali kirim, tetapi bisa dibagi beberapa termin, misal termin Februari dulu kemudian Maret, begitu seterusnya, agar tidak terlalu berat. Kami (KPU Kota Semarang) sejujurnya sangat terbantu dengan data yang diberikan kepada kami, karena selama ini, di Pilwakot Semarang 2020 pun data dari Dispendukcapil Kota Semarang sangat baik, dan sangat membantu sekali," papar Zaini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, mengatakan bahwa kegiatan DPB ini bukanlah program KPU Kota Semarang semata, karena data pemilih merupakan data milik seluruh warga Kota Semarang, sehingga selain Dispendukcapil Kota Semarang, KPU Kota Semarang juga membutuhkan bantuan dari instansi terkait seperti Bawaslu Kota Semarang, Kodim 0733 BS/Semarang, Polrestabes Semarang, Kemenag Kota Semarang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kota Semarang, Lapas Kelas I Semarang, serta pihak lain, termasuk warga Kota Semarang pada umumnya.

"Kegiatan DPB ini sebetulnya ikhtiar KPU yang cukup baik, karena data pemilih ini milik kita bersama, jadi perlu kita sengkuyung bersama-sama, tidak hanya kami dari KPU Kota Semarang, tetapi juga dari bapak/ibu sekalian dan juga masyarakat Kota Semarang," ujar Nanda.

Terkait hal itu, Anggota Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti (Koordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga) sependapat dengan pernyataan Nanda, bahwa DPB yang dilakukan oleh KPU Kota Semarang merupakan upaya yang sangat baik, mengingat kepentingan utama dari mutakhirnya daftar pemilih bukanlah KPU, tetapi partai politik, peserta pemilihan dan pemilih itu sendiri.

"Ini perlu kita dukung ya, kami Bawaslu siap jika kami diikutsertakan untuk kegiatan pengawasan dari proses ini, karena ini upaya yang positif, bahwa ini sebenarnya bukan kepentingan utama dari KPU, tetapi yang lebih penting kan dari peserta pemilihan, partai politik, bahkan masyarakat itu sendiri," ungkap Nining. (prodat/rap/red. FOTO KPU Kota Semarang/ra)

Berita Lainnya

  12 April 2021      15:56 WIB 0

Pembukaan Kotak Suara Pilwakot 2020

  Semarang. www.kpu-semarangkota.go.id. KPU Kota Semarang melaksanakan pembukaan Kotak Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang .....

  tobirin

  19 April 2018      11:24 WIB 200

PD Aisyiah Siap Sukseskan Pilgub Jateng 2018

Bertempat di Aula PD Muhammadiyah Kota Semarang Jl Wonodri Semarang Selatan Puluhan anggota Pimpinan Daerah Aisyiah (PD Aisyiah) Kota Sem.....

  Didin

  12 April 2021      20:28 WIB 0

PARTAI BERKARYA  KOTA SEMARANG BERKUNJUNG KE KPU KOTA SEMARANG

  Semarang, www.kota-semarang.kpu.go.id  Dalam rangka persiapan pemilihan serentak 2024 dan pasca musda bulan September 2020, Partai Poli.....

  tobirin

KPU Kota Semarang

Sekretariat KPU Kota Semarang

Jl. Pemuda No.175, Kota Semarang  
(024) 3584055, 3549942
Pengunjung Sejak: 21-02-2019
Online:4
Hari Ini:69
Kemarin:162
Bulan Ini:3171
Tahun Ini:20043
Total:864102