Cek apakah anda sudah masuk dalam daftar Pemilih untuk Pemilu Tahun 2019, Cermati Anggota Keluarga, Tetangga, Atau Masyarakat di Sekitar Anda. Segera Lapot Petugas bila ada yang belum terdaftar namun sudah memebuhi syarat.. Ingat....Gunakan Hak Pilih Anda, Datang Ke TPS Pada Pilgub Jateng 2018, Rabu 27 Juni 2018. Pemilih Berdaulat Negara Kuat

SUDAH MEMILIKI HAK PILIH HARUS MASUK DAFTAR DATA PEMILIH

 12 Januari 2018     17:14 WIB Oleh D2n/Hupmas KPU Kota Semarang    Dilihat: 553 kali Berita

 

 

 

 

Semarang-www.kpu-semarangkota.go.id  Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kota Semarang siap menggelar gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak atau gerakan coklit sejuta rumah. Kegiatan akan dilaksanakan Sabtu (20/1) mendatang. Pada Rapat Koordinasi yang mengundang Ketua PPK dan Anggota PPK Divisi Mutarlih berdiskusi mengenai persiapan coklit serentak.

Henry Wahyono pada sambutannya berpesan untuk berkoordinasi, berkomunikasi dan menjaga agar sinergitas antar penyelenggara selalu kondusif.

“Program, Regulasi, dan Komunimasi Harus dijaga dan dipertahankan dan pastikan setiap warga Kota Semarang yang sudah memiliki hak pilih harus masuk dalam Data Pemilih” tegas Henry.

“Gerakan coklit ini untuk pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, yang melibatkan  seluruh stakeholder, mulai dari penyelenggara pemilu, pemerhati kepemiluan, tokoh agama, hingga masyarakat,” jelas anggota KPU Kota Semarang, Kharis Hidayat,  saat Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Coklit Serentak, Jumat (12/1).

Diungkapkan, melalui gerakan coklit serentak ini, diharapkan ada perhatian yang lebih luas dari masyarakat, sehingga memunculkan kesadaran yang lebih dari masyarakat untuk ikut terlibat. Dijelaskan, tahapan Pilkada serentak se Indonesia, kini memasuki tahapan pelaksanaan coklit Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018.

Berdasarkan data,di  Jawa Tengah ada 28.860.584 pemilih yang berhak menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jateng 2018 pada 27 Juni 2018 mendatang. Perinciannya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilbup tahun 2015 sebanyak 27.409.316  (Joko Purnomo dari Beragam Media)  

Data di Kota Semarang Pada Pilwakot 2015 jumlah DPT ada 1.109.045 orang, dari 16 Kecamatan dan 177 Kelurahan.

Pada Pilgub 2018 Jumlah TPS di Kota Semarang 2809 TPS,  dengan jumlah Pemilih di tiap TPS antara 400 hingga 500 orang.

KPU Kota Semarang sudah membagi Tim untuk Coklit serentak, kepada tokoh-tokoh di Kota Semarang. Komisioner, Kasubbag, Staff KPU Kota Semarang, PPK dan PPS akan mendampingi Petugas PPDP melakukan coklit yang ditargetkan dalam sehari ada 5 Rumah.

Dia menandaskan, pada hari Sabtu (20/1) mendatang, semua penyelenggara Pemilu dari tingkat KPU Kota Semarang,PPK, PPS hingga PPDP berada di  lapangan semua. Tidak ada satu pun yang berada di kantor. “Satu komisioner KPU minimal melakukan coklit dengan mendatangi lima rumah. PPK dan PPS demikian juga bersama PPDP,”tegasnya.

Gerakan Coklit serentak ini diharapkan memberikan semangat kepada Petugas PPDP untuk melakukan coklit sejak hari dijadwalkannya coklit. Kebiasaan selama ini, PPDP melakukan coklit di hari-hari terakhir. “Sebab itu, kami ingin mendorong, sejak hari pertama, mereka harus aktif mencoklit,"  tegasnya.

KPU RI menurut Kharis akan membuat rekor dan mencatatkannya di Musium Rekor Indonesia, dan KPU Kota Semarang menyambut baik rencana gerakan coklit serentak se Indonesia atau gerakan coklit sejuta rumah ini. Gerakan ini dapat dimanfaatkan untuk memastikan bahwa PPDP mencatat data pemilih secara detil.

Salah satunya yakni data pemilih disabilitas berikut jenis disabilitas. “Ini program yang bagus. Artinya, anggota KPU dari pusat sampai  Panitia Pemungutan Suara (PPS) bisa mengecek langsung bagaimana kerja PPDP di lapangan,” imbuhnya

Pemilih Disabilitas, Ujar Henry Wahyono, perlu  mendapat perhatian khusus, mengingat di beberapa wilayah dan rumah,  yang didatangi petugas, saat pemilu sebelumnya, belum maksimal dicatat.

Setiap warga negara tanpa kecuali, yang sudah memenuhi syarat dan tercatat dalam satu KK, wajib didata dan dimasukkan dalam Daftar Pemilih untuk Pilgub Jateng 2018, termasuk mereka yang keadaannya memerlukan bantuan dan perhatian khusus, tegas Henry. (dr)


KPU Kota Semarang
KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SEMARANG
Jl. Pemuda No.175, Semarang
(024) 3584055, 3549942
Pengunjung Sejak: 09-12-2015
Online:5
Hari Ini:142
Kemarin:568
Bulan Ini:6752
Tahun Ini:176420
Total:371542