Ayo cek namamu dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) PILWAKOT 2020 dengan cara : Cek pengumuman DPS di Kelurahan Anda atau kunjungi lindungihakpilihmu.kpu.go.id, Jika anda belum terdaftar segera melapor kepada PPS di Kelurahan dari 19-28 September 2020. Ayo Kita Sukseskan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang 9 Desember 2020.

RAPAT KOORDINASI KAMPANYE DAN SOSIALISASI PKPU NOMOR 6 DAN 10 TAHUN 2020

 16 September 2020     16:37 WIB Oleh D2N    Dilihat: 97 kali Berita

Rabu (16/9) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang,menggelar Rapat Koordinasi Kampanye dan Sosialisasi PKPU nomor 6 tahun 2020 dan PKPU No 10 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, dalam kondisi bencana non alam akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid -19).

Sosialisasi tersebut dihadiri Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom,  Sekretaris KPU Kota Sermarang , perwakilan dari partai politik, Polrestabes, Kodim, Satpol PP, IDI, OTDA, Gugus Tugas dan undangan.

Pada sambutannya Henry Casandra Gultom mengatakan bahwa KPUsebagai penyelenggara dan peserta Pemilihan harus saling bekerja untuk mensukseskan pilwakot 2020 yang aman, lancer dan sukses.

“Harapan kami akan membuka pikiran bagaimana mekanisme melaksanakan pilkada ditengah pandemi dan KPU memastikan penyelenggaraan pilkada aman, lancar, sukses dan sehat” katanya.

Lebih lanjut, KPU, Parpol dan Organisasi pemerintah daerah sebagai penyelenggara dan peserta bisa sama-sama menjaga kesehatan, sehingga pemilu berlangsung sukses tidak ada penambahan jumlah atau tidak menaikan atau menjadi cluster baru dalam pelaksanakan tahapan.

Ketua KPU Kota Semarang mengatakan PKPU nomor 10 tahun 2020 pada dasarnya perubahan atas PKPU No 6 mengatur tata cara penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di tengah pandemi covid -19 yang harus mengutamakan protokol kesehatan.

PKPU 10 Tahun 2020 diantaranya soal pembatasan jumlah peserta dalam pertemuan terbatas atau rapat umum dinilai sebagai langkah yang tepat, karena dapat mengurangi potensi terjadinya penularan Covid-19. Dalam PKPU 10 Tahun 2020 tersebut, jumlah peserta dalam pertemuan terbatas dibatasi maksimal 50 orang, sedangkan untuk rapat umum dibatasi maksimal 100 orang.

“Hal-hal yang bisa menjadi penyebaran covid 19 dalam kampanye yang menghadirkan masadibatasi dan sudah diatur dalam PKPU misalnya rapat terbatas, rapat umum misalnya. Terbatasnya 50 orang, umumnya 100 orang, tetap menjaga jarak, memakai masker, dan lain-lain (sesuai) protokol Covid-19,” ujar Nanda Gultom.

Nanda menambahkan bahwa Pilwakot yang akan digelar 9 Desember 2020 , Protokol kesehatan wajib dilaksanakan oleh setiap penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih, dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan. “Pelaksanaan tahapan Pilwakot 2020 Sekali lagi harus dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19”

KPU Kota Semarang memastikan bahwa setiap penyelenggara harus dinyatakan non reaktif dan menjalani minimal rapid test.

“Pada pemungutan suara nanti petugas akan dibekali APD, diantaranya masker, handsanitizer, faceshield, cuci tangan dan alat coblos akan disemprot desinfektan, dan pemilih memakai sarung tangan sekali pakai”

Usai penyampaian Sosialisasi PKPU, acara dilanjutkan dengan rapat koordinasi kampanye. Pemateri adalah Novi Maria Ulfah (Anggota KPU Kota Semarang).

Beberapa materi kampanye adalah dasar hukum dan aturan yang harus dilaksanakan, diantaranya soal bahwa sebelum pelaksanaan kampanye, tim sukses harus memberikan surat inij dan pemberitahuan kepada kepolisian dan kpu.

“Sebelum pelaksanaan kampanye, Tim sukses harus memberikan surat ijin kepada pihak kepolisian setempat dan KPU Kota Semarang.

Hal lain yang mengemuka pada diskusi kala itu adalah soal aturan kampanye bagi paslon dan alat peraga kampanye serta bahan kampanye.

“Kami meminta kepada tim sukses atau tim kampanye maupun bapaslon untuk menyiapkan desain dan materi Alat peraga kampanye, bahan kampanye dan iklan di media masa baik cetak maupun elektronik” jelas Novi

 (dr/NMU) foto : d2n

Unduh PKPU 10 tahun 2020

klik disini

Lihat video lengkap di Link ini.


KPU Kota Semarang
KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SEMARANG
Jl. Pemuda No.175, Semarang
(024) 3584055, 3549942
Pengunjung Sejak: 21-02-2019
Online:5
Hari Ini:158
Kemarin:419
Bulan Ini:6115
Tahun Ini:112435
Total:801419