Masyarakat Kota Semarang, Silahkan Datang dan Memanfaatkan Layanan Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Semarang Untuk mengetahui Bagaimana Pemilihan Umum di Kota Semarang. PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN 2017: Informasikan perubahan data pemilih keluarga Anda (karena pindah, meninggal dan atau pendatang) melalui email ke kpukota.smg@gmail.com

KPU SIAPKAN STRATEGI UNTUK PEMILU AKUNTABLE DAN TERPERCAYA

 19 Mei 2017     07:14 WIB Oleh Dr/Hupmas KPU Kota Semarang    Dilihat: 13 kali Berita

www.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat strategi baru yang sudah dipakai sejak penyelenggaraan Pemilu 2014 yang lalu. Strategi tersebut untuk mewujudkan pemilu yang lebih akuntable dan terpercaya di masyarakat. Salahsatunya penggunaan teknologi informasi, seperti Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), dan Sistem Informasi Logistik (Silog).

Melalui Sidalih ini masyarakat dapat mengecek secara langsung namanya apakah sudah terdaftar dalam database KPU. Pada Pemilu 2014 yang lalu 135 juta pemilih sudah single data atau tanpa kegandaan, dan masih ada 60 juta lagi yang on proses sambil menunggu program e-KTP selesai. Melalui Situng, siapapun bisa cek langsung hasil pemilu atau pilkada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemudian ada Silog yang publik bisa melihat berapa surat suara, kotak suara, dan harganya, hal ini bisa menepis kecurigaan-kecurigaan terhadap KPU.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU RI Arief Budiman saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (18/5) di kantor KPU Provinsi Sumbar.

"Untuk itu, ini pentingnya RPP dibangun sebagai strategi KPU dalam memberikan akses kepada publik bisa melihat aktifitas KPU. RPP ini juga bisa sebagai sarana memberikan pemahaman dan pendidikan pemilih kepada masyarakat," tutur Arief dalam sambutan pembukaannya.

Semua data-data KPU sekarang sudah diolah secara digital, tambah Arief, siapapun boleh ambil, baik masyarakat maupun partai politik (parpol) dalam mempersiapkan strategi pemilu ke depan. Pelayanan RPP ini juga bisa dua arah, pertama, publik bisa datang langsung ke RPP, KPU sudah siapkan semua data-datanya, kedua, KPU bisa datang dan hadir memberikan pemahaman di sekolah, kampus, ormas, dan parpol.

"KPU dalam bersosialisasi juga tidak hanya mengacu pada peraturan perundangan saja. Tapi KPU bekerja juga berdasarkan riset-riset, seperti riset partisipasi masyarakat dan riset melek pemilu. Semua itu dilakukan KPU untuk melayani masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat," ujar Arief di depan tamu undangan dari KPU kabupaten/kota, Bawaslu, forkompimda, parpol, akademisi, sekolah, dan media.

Senada dengan Arief, Ketua KPU Provinsi Sumbar Amnasmen juga menegaskan RPP ini sebagai bagian gagasan KPU untuk berbuat lebih jauh dalam pendidikan pemilih kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas pemilih. RPP KPU Provinsi Sumbar terbuka bagi siapapun yang ingin belajar dan mencari informasi terkait pemilu dan demokrasi.

"RPP ini menjadi sarana informasi, data-data, tempat riset bagi mahasiswa, dan sarana belajar siswa sekolah. Kita berharap ini menginspirasi semua pihak. Melalui RPP ini kita bisa sampaikan proses pemilu ini adalah pilihan founding father dalam demokrasi sebagai proses bernegara," tutur Amnasmen.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provinsi Sumbar Jefrinal Arifin berharap melalui RPP ini kualitas demokrasi bisa tercipta lebih baik di Sumbar dan meningkatnya partisipasi pemilih dalam pemilu dan pilkada. Tantangan ke depan lebih besar, karena sebentar lagi ada pilkada serentak 2018 dan pemilu nasional 2019. Hal tersebut menjadi tugas KPU dalam mensosialisasikannya di masyarakat dengan sumber daya dan sarana prasarana di KPU Provinsi Sumbar.(Website KPU RI 18/5)


KPU Kota Semarang
KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SEMARANG
Jl. Pemuda No.175, Semarang
(024) 3584055, 3549942
Pengunjung Sejak: 09-12-2015
Online:1
Hari Ini:29
Kemarin:247
Bulan Ini:6529
Tahun Ini:36677
Total:109984