Ayo Kita Sukseskan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang, Rabu Pahing 23 September 2020.

CEGAH PENULARAN CORONA KPU TERAPKAN PROTOKOL KETAT

 23 Maret 2020     09:40 WIB Oleh D2N    Dilihat: 147 kali Berita

 

Mengantisipasi meluasnya wabah virus Corona atau COVID-19, KPU Kota Semarang  menerapkan protokol khusus. Protokol diberlakukan untuk memproteksi komisioner maupun staff sekretariat serta tamu KPU.

Salah satu protokol khusus yang di antaranya: mencuci tangan dengan sabun,  pengecekkan suhu tubuh kepada setiap orang yang memasuki wilayah kantor, membasuh tangan denagn handsanitizer dan  membatasi suhu tubuh maksimal pengunjung yang diperkenankan memasuki kantor tidak lebih dari 37,5 derajat celcius.

Jika suhu tubuh di atas batas tersebut, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter/fasilitas kesehatan terdekat untuk deteksi dan pencegahan dini. KPU Kota Semarang juga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama di lingkungan kerja.

Dengan cara  menjaga kebersihan dan kesehatan serta menyiapkan alat berupa disinfektan, tisu kering, mengenakan masker.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan, standar protokol khusus ini diterapkan sejak perkembangan Virus Corona memperlihatkan gejala perluasan dan telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Pandemi serta surat eddaran dari KPU RI.

“ Kami melaksanakan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang panduan tindak lanjut pencegahan penularan infeksi (Covid-19) di lingkungan Komisi Pemilihan Umum, KPU Provinsi, KIP Aceh dan KPU/ KIP Kabupaten /Kota dengan maksud mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pejabat/ pegawai KPU, KPU Provinsi/KlP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota dari resiko COVID- 19 “ jelasnya.

Selain itu, kata dia, semua pegawai diminta memastikan kebersihan tempat kerja, serta menggiatkan kampanye pencegahan penyebaran virus dengan menjaga kebersihan tangan terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, maupun setelah memegang instalasi publik. Diingatkan pula untuk mencuci tangan secara benar dan teratur dan menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk dan pilek.

Kami juga sudah mengeluarkan intruksi bagi seluruh komisioner, ASN, Non ASN dan tenaga pendukung untuk  melaksanakan standar protocol khusus antara lain mengukur suhu badan setiap masuk dan pulang kerja dan mencatatkannya pada absensi, menyediakan hand sanitizer bagi semua pekerja, mengharuskan setiap tamu yang berkunjung untuk mencuci tangan dan mengukur suhu badan dan mencatatkannya pada buku tamu.

“Tamu di screening menggunakan thermo gun untuk mengecek suhu tubuh. Bila suhu dibawah 37 derajat celcius, pengunjung diperkenankan masuk jika diatas itu diperingatkan untuk periksa ke fasilitas kesehatan” tegas Nanda.

selain perilaku hidup sehat, upaya lain adalah dengan menyemprot seluruh ruang dan lantai dengan  desinfektan setiap pagi dan sore hari.

Mari bersama kita jaga diri,  keluarga dan masyarakat dari bahaya corona. (dr)


KPU Kota Semarang
KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SEMARANG
Jl. Pemuda No.175, Semarang
(024) 3584055, 3549942
Pengunjung Sejak: 21-02-2019
Online:1
Hari Ini:17
Kemarin:139
Bulan Ini:359
Tahun Ini:71145
Total:760129