Pendaftaran Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Penyerahan Syarat Dukungan Calon DPD tanggal 22 - 26 April 2018. Penjelasan Persyaratan dan Dukungan Calon Anggota DPD, datanglah ke KPU Provinsi / KPU Kabupaten/Kota

BIMTEK PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI SEKRETARIAT PPK SE KOTA SEMARANG

 21 November 2017     13:35 WIB Oleh D2n/Hupmas KPU Kota Semarang    Dilihat: 753 kali Berita

 

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang  menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2017 bertempat di Aula KPU Kota Semarang, Selasa (21/11). Melibatkan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sekretaris, Staf pengelola keuangan.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan tugas sebagai sekretariat PPK, terutama dalam pengelolaan keuangan agar dalam pelaporan keuangan bisa maksimal.

Sekretaris KPU Kota Semarang, Moch Imron menjelaskan bahwa maksud dan tujuan Bimtek adalah tersususunnya laporan pertanggungjawaban keuangan pada panitia ad hoc Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Tahun 2017 secara benar, lengkap dan tepat waktu sesuai peraturan yang berlaku, karena dengan pertemuan seperti ini akan membangun koordinasi yang baik sehingga semakin mempermudah tugas kita sebagai penyelenggara, dan berharap semua dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena menjadi modal dalam pertanggung jawaban adaministrasi.

Materi Bimtek pengelolaan keuangan  disampaikan oleh Kasubag  Keuangan Umum dan Logistik KPU Kota Semarang Wenny Dyah Astuti SE. Wenny memaparkan Anggaran Keuangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 dan menjelaskan secara terinci peruntukan penggunaan anggaran tersebut, sehingga ada keseragaman di tingkat Sekretariat PPK.

Kedudukan Sekretariat PPK dalam pelaksanaan penyelenggaraan  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 dalam membantu kelancaran tugas-tugas PPK adalah untuk pengelolaan anggaran kegiatan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan yang dilaksanakan oleh Sekretariat PPK.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 51 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati, mengalami perubahan tentang proses pertanggungjawaban adminitrasi keuangan. Antara pilkada tahun 2010 dan 2015 perbedaannya adalah di tahun 2010 proses pertanggungjawaban administrasi keuangan langsung kepada pemerintah daerah (pemda) tapi untuk Pilkada Tahun 2017 ini pertanggungjawaban administrasinya sama dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Bimbingan Teknis Keuangan melibatkan Bank Mandiri, sebagai lembaga keuangan yang dipercaya KPU Provinsi Jawa Tengah mengelola keuangan selama penyelenggaraan Pilkada 2018.

Pada kesempatan itu, Divisi Hukum KPU Kota Semarang, Agus Suprihanto menyampaikan sejauh mana tahapan pelaksanaan Pilgub Jateng 2018.


KPU Kota Semarang
KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SEMARANG
Jl. Pemuda No.175, Semarang
(024) 3584055, 3549942
Pengunjung Sejak: 09-12-2015
Online:6
Hari Ini:200
Kemarin:1549
Bulan Ini:18224
Tahun Ini:77099
Total:272221